Lilis Andriani, The Best Ten Kategori Angle Of View SeFO Competition#2 Tingkat Nasional

Sukorejo – Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI Sunan Kalijogo Malang bekerja sama dengan Otak Lensa mengadakan Sekolah Fotografi Online (SeFO) Dengan HP. Pendaftaran SeFO ini terbuka untuk pelajar maupun untuk umum.

Waktu pelaksanaan selama 4 hari yakni tanggal 15-18 Mei 2020. Materi yang didapat yaitu (1) Pengantar SeFO; (2) Mengenal Komposisi Fotografi HP; (3) Teknik Pengambilan Angle Of View dalam Fotografi HP; (4) Mengenal Jenis-Jenis Foto; dan (5) Praktek Skill Fotografi dengan HP.

Mentor dari SeFO ini yaitu Alfian Adi Saputra M.I.Kom selaku Direktor Otak Lensa. Setelah mengikuti SeFO, selain mendapatkan materi dan pengalaman semua peserta juga bisa mendapatan 2 (dua) e-Sertifikat yaitu e-Sertifikat SeFO dan SeFO Competition.

Lilis Indrini, salah salah siswi SMKN 2 Sukorejo merupakan salah satu peserta SeFO. Siswa yang kerap disapa dengan nama Lilis ini masih duduk di kelas X (Sepuluh) Jurusan Multimudia. Lilis mendapat informasi SeFO ini dari postingan salah satu guru SMK, Putra Surya Hamzah, S.Kom di grup belajar X MM 1.

Penyampaian materi diberikan oleh Alfian Adi Saputra M.I.Kom, Setelah mendapatkan materi semua peserta melakukan praktek langsung misalnya tugas komposisi foto dengan bahan cabe.

“Tugas pertama yaitu komposisi menggunakan bahan cabe, setelah pengambilan gambar hasil karya dikirim melalui grup sebanyak 2 karya foto dan melalui google maksimal 5 karya foto”, ucapnya

Hasil karya dari materi Komposisi Foto

“Saya yang masih kelas X dan masih belum mendapatkan mata pelajaran tentang fotografi, jadi saya masih kurang memahami tentang komposisi dan jenis fotografi, tapi saya gak berputus asa untuk tetap berusaha”, tambahnya

Karya foto dari teknik pengambilan gambar berdasarkan angle

Berawal dari coba-coba dan mengikuti langkah-langkah dari tugas yang diberikan akhirnya membuahkan hasil, padahal awalnya lilis ini ragu dan tak menyangka karyanya masuk dalam kategori The Best Ten Kategori Angle Of View SeFO Competition#2 Tingkat Nasional.

“Saya awalnya pengen coba-coba mengikuti SeFO ini, apalagi untuk pelajar tidak dipungut biaya. Saya gak menyerah mencoba step by step dari semua tugas foto yang diberikan. Dan Alhamdulillah mungkin takdir Allah, habis sholat malam lailatul Qodar, saya melihat HP dan ternyata saya masuk 10 besar terbaik dalam kegiatan ini, (20/5)”. Ujarnya

Nah, dari pengalaman Lilis ini bahwasannya untuk menghasilkan sebuah karya foto yang bagus tak harus memakai kamera DSLR dengan spesifikasi tinggi, dengan menggunakan HP android juga bisa menciptakan karya foto. Semoga ke depannya menciptakan dan meningkatkan kreativitas lainnya.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *